Mengatasi error "The application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect"

March 20, 2018



Pagi yang cerah, diimbangi semangat menggebu untuk menyelesaikan beberapa deadline pun terganggu akibat error yang tak diduga tak dinyana muncul dengan tiba-tiba. Saat dimana kamu (read: laptop) benar-benar dibutuhkan dan cepat digunakan malah ngambek. Padahal malam sebelum aku membunuhmu pun tak ada apa-apa, kamu terbunuh seperti biasanya, lancar dan senyap. Tapi kenapa paginya kamu malah ngambek? Oke, cukup hentikan sampai disini basa basinya!




The main problem is :

" The application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect. Please set the application event log or use the command-line sxstrace.exe tool for more detail " 

Setiap kali aku mencoba membuka file dengan ekstensi .doc/docx; .pdf; dan .xls/xlsx selalu gagal dan muncul notifikasi seperti ini:

huhuhu :(

Awalnya aku coba restart tapi tetap saja tak ada hasilnya. Akhirnya akupun berseluncur mencari jawaban. Beberapa jawaban menyarankan meng-uninstall Microsoft Visual C + + 2008 SP1 Redistributable, tapi kalau tak ditemukan maka disarankan untuk download dan install  Microsoft Visual C + + 2008 SP1 Redistributable. Faktanya, Aku tak menemukan si Microsoft Visual C++ itu. Dan yang lebih mengejutkan lagi (untukku, gatau orang lain) adalah aku ga bisa nge-uninstall aplikasi apapun yang ada di laptopku. Dan ga cuma nge-uninstall aja yang ga bisa, install pun laptop tak mau 😢

Ditengah kondisi ditunggoni alias ditungguin sama bapak kepala seksi sebelah, dalam keadaan panik akhirnya pindah laptop (oke skip). Setelah mulai bisa lebih tenang, akhirnya aku mulai lagi mencari jalan keluar. Woalaaa, akhirnya ketemu forum microsoft dan ini. Disanalah aku menemukan jalan keluar. Jeng jeng~~

Akhirnya aku ikutin petunjuknya dengan step by step seperti ini :
1. Buka command prompt (admin)
2. Kemudian ketik sfc/scannow dan klik enter

3. Tunggu hingga proses scan selesai
4. Restart laptop/PC mu

Alhamdulillah, untuk laptopku cuma sampai proses itu trus di restart dan kembali seperti semula, ga perlu sampai kayak di tutorial forum microsoft ataupun di easytechguides. Oh iya, ini laptopku pakai Windows 10 64-bit. Jika ada dari kalian mengalami hal serupa, semoga mengatasinya semudah masalahku ini, gausah sampe download atapun uninstall ataupun melalui tahapan-tahapan selanjutnya seperti di dua situs yang aku cantumkan. Btw, itu aku ngasih tulisan di foto ngawur banget, haha, gapapa deh ambil gampangnya.HAHA!

You Might Also Like

25 comments

  1. Makasih banyak ya:( it 100% work:(

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. cari command prompt, trus klik kanan pilih run as administrator..

      Delete
  3. Halo sist saya tetap ga bisa sy pakai windows 7.cara cmd admin gmn? Terus masukkan command nya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. cmd admin : Tekan tombol Win+X pada keyboard; pilih saja Command Prompt (Admin)
      untuk masukkan command : langsung ketik aja sfc/scannow

      Delete
  4. Udah 100% trs saya enter ga bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, yang saya alami persis seperti yang saya tuliskan. Jadi jika kondisi berbeda dari yang saya tulis saya juga tidak bisa memberi saran atau jawaban...

      Delete
  5. Replies
    1. mohon maaf, yang saya alami persis seperti yang saya tuliskan. Jadi jika kondisi berbeda dari yang saya tulis saya juga tidak bisa memberi saran atau jawaban...

      Delete
  6. Gabisa bro, udah pake Cara yang di forum, pake Cara itu, GTA IV saya masih tulisan nya gitu juga pas di open

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, yang saya alami persis seperti yang saya tuliskan. Jadi jika kondisi berbeda dari yang saya tulis saya juga tidak bisa memberi saran atau jawaban...

      Delete
  7. Munculnya scan malah seperti ini
    "Another servicing or repair operation is currently running. Wait for this to finish and run sfc again"

    Tapi setelah itu ku coba run lg ttep gtu munculnya .. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di restart kakak, tapi kalo tetep gabisa aku juga ga bisa bantu kak, maaf. Aku juga baru sekali ngalamin hal ini, dan caraku ngatasinnya seperti yang aku tulis di blog ini..

      Delete
  8. kalo di laptop aku, klik kanan gak muncul apa apa. Trs ketik Win-X juga gak ada tulisan Command Prompt (Admin). Tapi yang ada tulisan windows powershell (admin) melainkan bukan pakek command prompt tpi windows powershell. Pas aku ketik sfc/scannow, munculnya

    + CategoryInfo : ObjectNotFound: (sfc/scannow:String) [], CommandNotFoundException
    + FullyQualifiedErrorId : CommandNotFoundException

    astaga cobaan. mohon bantuannya:'(

    ReplyDelete
  9. setelah 100% scan tidak ada error found, tetapi setelah saya restart laptop saya, aplikasi itu tetap tidak bisa digunakan. apakah ada solusi lain ?

    ReplyDelete
  10. Hmmm...ada yg ganjal dengan gambar cmdnya seharusnya windows command processor

    ReplyDelete
  11. Hmmm...ada yg ganjal dengan gambar cmdnya seharusnya windows command processor

    ReplyDelete
  12. Nunggu nya brp lama kak?

    ReplyDelete
  13. Masih mencoba,semoga aja berhasil....aamiiin

    ReplyDelete