Pengimplementasian Animasi Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik
April 29, 2013
Proses belajar mengajar saat ini masih
kurang menarik dan komunikatif. Proses belajar mengajar hanya dilakukan dengan
metode ceramah yang mana hal ini membuat siswa bosan sehingga proses belajar
menjadi kurang efektif. Sebelumnya juga sudah ada beberapa yang telah
menggunakan animasi sebagai media pembelajaran, namun masih belum banyak
variasi dan masih sedikit yang menggunakannya.
Banyak
metode pembelajaran selain hanya dengan ceramah seperti dengan metode diskusi.
Namun hal itu masih dianggap kurang komunikatif karena hanya ada beberapa siswa
yang aktif dan mengerti materi pembelajaran. Sebelum ini sebenarnya sudah ada
beberapa guru/pengajar yang menerapkan metode ini, namun penerapannya belum
maksimal dan yang menggunakan metode ini hanyalah sebagian kecil dari
guru/pengajar yang ada di Indonesia.
Pihak-pihak yang
terkait
Untuk
mewujudkan kegiatan ini, pihak – pihak yang diharapkan dapat membatu adalah
guru/pengajar agar lebih memberi variasi cara mengajar dengan menampilkan
animasi untuk memberi contoh konkret kepada siswanya, sehingga siswa tidak
hanya membayangkan tetapi tahu seperti apa yang sesungguhnya atau dapat
mengetahui bentuk riil atau konkretnya. Yang kedua adalah para pembuat animasi
agar lebih mengembangkan dan memperbanyak variasi animasi – animasi yang
berhubungan dengan pelajaran dan mempermudah guru/pendidik atau orang awam
untuk memdapatkan animasi tersebut secara mudah dan gratis.
Langkah-langkah
strategis yang dapat dilakukan
Penerapan dari usulan ini adalah
dengan cara guru/pengajar mengajarkan materi dengan diselingi media animasi dari
materi yang agar proses pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan juga
agar siswa dapat langsung mengetahui contoh konkret dari materi yang diajarkan,
misalnya dalam pelajaran Biologi, guru/pengajar dapat menunjukkan animasi dari
proses pencernaan, proses fotosintesis dan sebagainya, atau dalam pelajaran
Geografi bisa dengan diselingi animasi dari proses pembentukan bumi dan
lain-lain atau untuk mata pelajaran Fisika dapat diselingi dengan animasi
tentang proses terdengarnya bunyi, dan lain – lain.
Gagasan yang diusulkan
Dengan menerapkan metode
pembelajaran menggunakan media animasi, kita bisa membuat proses pembelajaran
lebih menarik dan komunikatif, dimana guru/pengajar dalam proses belajar
mengajar memberi selingan dengan diputarnya animasi untuk memberi contoh yang
lebih riil atau konkret, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
maksimal.
Teknik implementasi
yang dilakukan
Bentuk
pengimplementasian yang dilakukan adalah dengan melaksanakan metode belajar
mengajar dengan media animasi sebagai media yang lebih atraktif dan komunikatif
agar siswa tidak bosan dengan metode pembelajaran yang monoton, contohnya
ketika pelajaran Geografi, dimana guru/pengajar menerangkan tentang tata surya,
bisa diselingi dengan menunjukkan animasi tentang proses terbentukknya tata
surya, rotasi dan revolusi bumi atau gerak komet dan lain sebagainya.
Prediksi hasil yang
diinginkan
Pengimplementasian dari
metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat proses belajar mengajar
menjadi lebih jelas dan memperkaya/melengkapi informasi yang
diberikan secara verbal, meningkatkan efektivitas dan efesiensi penyampaian
informasi, menambah variasi penyajian materi, mencegah kebosanan siswa untuk
belajar, memudahkan materi untuk dicerna dan lebih membekas sehingga tidak
mudah dilupakan siswa, memberikan pengalaman yang lebih konkret bagi hal yang
mungkin abstrak, memberikan stimulus dan mendorong respon siswa
sehingga siswa dapat lebih cepat dan mudah dalam memahami materi yang diajarkan
agar tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai dan memperoleh hasil yang
maksimal.
0 comments