Pengimplementasian Animasi Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

April 29, 2013



          Proses belajar mengajar saat ini masih kurang menarik dan komunikatif. Proses belajar mengajar hanya dilakukan dengan metode ceramah yang mana hal ini membuat siswa bosan sehingga proses belajar menjadi kurang efektif. Sebelumnya juga sudah ada beberapa yang telah menggunakan animasi sebagai media pembelajaran, namun masih belum banyak variasi dan masih sedikit yang menggunakannya.

         Banyak metode pembelajaran selain hanya dengan ceramah seperti dengan metode diskusi. Namun hal itu masih dianggap kurang komunikatif karena hanya ada beberapa siswa yang aktif dan mengerti materi pembelajaran. Sebelum ini sebenarnya sudah ada beberapa guru/pengajar yang menerapkan metode ini, namun penerapannya belum maksimal dan yang menggunakan metode ini hanyalah sebagian kecil dari guru/pengajar yang ada di Indonesia.


Pihak-pihak yang terkait

            Untuk mewujudkan kegiatan ini, pihak – pihak yang diharapkan dapat membatu adalah guru/pengajar agar lebih memberi variasi cara mengajar dengan menampilkan animasi untuk memberi contoh konkret kepada siswanya, sehingga siswa tidak hanya membayangkan tetapi tahu seperti apa yang sesungguhnya atau dapat mengetahui bentuk riil atau konkretnya. Yang kedua adalah para pembuat animasi agar lebih mengembangkan dan memperbanyak variasi animasi – animasi yang berhubungan dengan pelajaran dan mempermudah guru/pendidik atau orang awam untuk memdapatkan animasi tersebut secara mudah dan gratis.

Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan

            Penerapan dari usulan ini adalah dengan cara guru/pengajar mengajarkan materi dengan diselingi media animasi dari materi yang agar proses pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan juga agar siswa dapat langsung mengetahui contoh konkret dari materi yang diajarkan, misalnya dalam pelajaran Biologi, guru/pengajar dapat menunjukkan animasi dari proses pencernaan, proses fotosintesis dan sebagainya, atau dalam pelajaran Geografi bisa dengan diselingi animasi dari proses pembentukan bumi dan lain-lain atau untuk mata pelajaran Fisika dapat diselingi dengan animasi tentang proses terdengarnya bunyi, dan lain – lain.

Gagasan yang diusulkan

            Dengan menerapkan metode pembelajaran menggunakan media animasi, kita bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik dan komunikatif, dimana guru/pengajar dalam proses belajar mengajar memberi selingan dengan diputarnya animasi untuk memberi contoh yang lebih riil atau konkret, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Teknik implementasi yang dilakukan
           
            Bentuk pengimplementasian yang dilakukan adalah dengan melaksanakan metode belajar mengajar dengan media animasi sebagai media yang lebih atraktif dan komunikatif agar siswa tidak bosan dengan metode pembelajaran yang monoton, contohnya ketika pelajaran Geografi, dimana guru/pengajar menerangkan tentang tata surya, bisa diselingi dengan menunjukkan animasi tentang proses terbentukknya tata surya, rotasi dan revolusi bumi atau gerak komet dan lain sebagainya.

Prediksi hasil yang diinginkan
            Pengimplementasian dari metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih jelas dan memperkaya/melengkapi informasi yang diberikan secara verbal, meningkatkan efektivitas dan efesiensi penyampaian informasi, menambah variasi penyajian materi, mencegah kebosanan siswa untuk belajar, memudahkan materi untuk dicerna dan lebih membekas sehingga tidak mudah dilupakan siswa, memberikan pengalaman yang lebih konkret bagi hal yang mungkin abstrak, memberikan stimulus dan mendorong respon siswa sehingga siswa dapat lebih cepat dan mudah dalam memahami materi yang diajarkan agar tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai dan memperoleh hasil yang maksimal.

You Might Also Like

0 comments